Cara Mudah Mengemudi Aman di Jalan Menurun dengan Transmisi Otomatis
Kamu wajib tahu trik atau cara aman melintas di jalan menurun.
Tidak boleh asal karena pengaturan penempatan transmisi sangat berpengaruh pada keamanan berkendara.
Kamu juga tidak dapat mengandalkan rem konvensional karena dapat membuatnya gagal beroperasi jika dipaksakan.
Jangan sampai mobil kamu nyelonong di jalan menurun sehingga memicu kecelakaan.
Strategi Penggunaan Rem Mobil
Yang paling utama adalah strategi penggunaan rem mobil supaya tidak overheat dan blong sehingga menyebabkan kecelakaan.
Tetap boleh menggunakan rem, namun harus diatur supaya efektif dan tidak membuat rem kepanasan.
Kuncinya adalah aplikasi engine brake atau pengereman mengandalkan putaran mesin sebagai metode utama mengendalikan laju mobil di jalan menurun.
Masalahnya, efek engine brake pada mobil matik atau otomatis tidak sebaik mobil transmisi manual.
Meskipun demikian, kamu tetap dapat menyiasatinya dengan aman dan nyaman asalkan tetap tenang dan fokus.
Mobil Transmisi Manual
Untuk transmisi manual, sebaiknya menggunakan gigi rendah seperti gigi tiga kalau tidak terlalu curam dan dua kalau lumayan curam dan panjang.
Tujuannya agar terjadi efek engine brake di mana kecepatan mobil tertahan oleh putaran mesin.
Meskipun jalan kosong, jangan gunakan gigi tinggi karena lajunya akan semakin cepat dan mobil sulit dikendalikan.
Kondisi ini akan semakin menyulitkan jika di depan ada masalah karena jarak pengereman yang semakin jauh dan kamu gagal mengendalikan mobil.
Rem tetap bisa digunakan untuk membantu mengatur kecepatan mobil atau dalam kondisi darurat, tapi jangan diandalkan sepenuhnya karena berisiko overheat.
Mobil Transmisi Otomatis
1. Caranya tidak jauh berbeda dengan mobil transmisi manual, kamu hanya perlu memindahkan posisi tuas transmisi dari D ke 3 atau 2.
2. Tuas D pada mobil matik kurang memberikan efek engine brake sehingga mobil bisa melaju dengan lebih cepat jika melintasi jalan menurun.
3. Tapi melihat karakter transmisi otomatis yang lebih sulit mengail engine brake, sebaiknya di 2.
Apalagi jika turunan yang akan kamu lalui cukup panjang, curam, dan berliku.
4. Ketika tuas transmisi digeser ke 2, transmisi akan bekerja secara otomatis hanya pada gigi 1 dan 2 dan tidak naik ke 3 apapun yang terjadi.
5. Bahkan kalau terpaksa, seperti ketika menemukan turunan sangat curam, geser tuas transmisi ke 1 sehingga posisi gigi tidak bisa beranjak ke 2.
6. Praktis transmisi otomatis akan membantu menahan laju mobil dari potensi meluncur tidak terkendali.
7. Imbangi pula dengan injakan pada pedal rem untuk membantu mengurangi laju mobil.
8. Tapi jangan sepenuhnya mengandalkan rem mobil karena bisa membuatnya kepanasan dan rem blong.
9. Setelah itu, jika kamu bertemu dengan jalan yang normal atau lurus tanpa ada turunan lagi, kembalikan posisi transmisi ke D agar dapat melaju normal.
10. Jangan pernah memindahkan posisi gigi ke N atau netral dengan alasan apapun karena akan membuat mobil kamu tidak bisa dikendalikan.
Mobil Transmisi CVT
Beberapa mobil matik CVT tidak ada pilihan gigi 3, 2, atau 1, namun diganti dengan M atau manual yang eknya sama dengan matik biasa.
Di sini dibutuhkan kepiawaian kamu dalam mengatur pengereman agar mobil tidak meluncur.
Sistem transmisi juga akan belajar melihat kondisi jalan dan akan memberikan rasio sabuk baja yang pas untuk membantu memberikan efek engine brake.
Tapi kalau dirasa mobil tidak akan sanggup ditahan lajunya, kamu bisa pindahkan gigi ke M atau manual.
Turunkan gigi ke posisi yang kamu mau dengan mendorong transmisi ke posisi – (minus), maka efek engine brake akan kamu dapatkan.
Sesuaikan posisi gigi dengan kondisi dan kebutuhan jalan menurun yang kamu lewati.
Jangan Lupa Perawatan Kendaraan
Selain skill mengemudi, saat melalui jalan menanjak atau menurun dibutuhkan kondisi mobil yang prima supaya dapat melewatinya dengan aman dan nyaman.
Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjalankan servis berkala di bengkel resmi Toyota untuk memastikan komponen penting seperti mesin, transmisi, dan rem sanggup bekerja dengan baik.
Sumber: toyota.astra.co.id